Kamis, 05 Maret 2015

Kotoran Kambing Disulap Menjadi Bahan Bakar


Sumberagung (KIM Mutiara Agung) - Mahalnya bahan bakar minyak tanah, gas LPG maupun kayu bakar menjain bagi para ibu rumah tangga. Hal ini ternyata menggugah kreatifitas masyarakat untuk menggunakan bahan bakar alternatif seperti yang dilakukan salah satu peternak kambing di desa sumberagung yang bernama Majuri (49). Lelaki yang berprofesi sebagai peternak ini  memproses  kotoran kambing menjadi biogas.


Walaupun hasilnya belum maksimal, namun hal ini pantas untuk mendapatkan apresiasi karena kreatifitasnya. Dari hasil pengamatan dan wawancara yang kami lakukan kepada yang bersangkutan, beliau menuturkan bahwa pemrosesan seperti ini memang harus digalakkan karena mengingat harga bahan bakar saat ini sangatlah mahal.

“Dari bahan baku kotoran ternak kambing sejumlah 15 ekor, saya  mencoba untuk menghasilkan gas untuk keperluan memasak sehari-hari. Namun sampai hari ini gas yang dihasilkan belum maksimal,” ujar Majuri.

Oleh karena itu melalui rubrik KIM Mutiara Agung ini beliau berharap agar ada bantuan/ informasi baik dari dinas terkait maupun teman – teman dari luar desa yang mempunyai pengalaman teknik biogas yang bahan bakunya dari kotoran ternak mohon bantuan informasi ini sangat diharapkan agar upaya yang sudah dijalankan ini bisa berhasil. (LK-KIM)

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :

1 komentar:

inilah contoh masyarakat kreatif yang selalu inovatif dan cepat menanggapi keadaan lingkungan dan kondisi sosial, dengan adanya bio Gas akan lebih meringankan beban pengeluaran untuk membeli bahan bakar sehari hari..
Do It Yourself..


"artikelnya ada yang salah penulisan kata"

Posting Komentar